Selamat Datang di Pycol's Blog

Rabu, 14 April 2010

Lubangi Rumah Kopling

Pengguna Suzuki Skywave 125 mengalami masalah dengan mangkuk kopling. Setidaknya itulah yang dialami beberapa orang anggota SOC alias Skywave Owners Club. Setelah ditelaah taunya mereka menemukan solusi yang tergolong simpel dan mudah. Hampir setiap orang pasti bisa melakukan itu jika mempunyai alat bor.
"Memang setelah riset, bagian dinding mangkuk kopling perlu dilubangi," kata Herryadhi Noviantho, anggota SOC yang menjadi pelopor trik ini. Jumlah lubang yang disarankannya sebanyak 8 lubang .3986mangkuk-kopling-yudi-2.

"Tapi, ada juga teman yang membuat sebanyak 12 lubang, hasilnya sama saja," tambah pria yang punya nomor urut 107 di klubnya itu. Hernov, panggilan akrabnya menyakini lubang itulah yang membuat putaran jadi lebih stabil dan tidak ada getaran lagi. Jadi, mau 8 atau 12 bolongan sah-sah saja.

Untuk membuat lubangnya cukup menggunakan mata bor ukuran 4 mm. "Jangan terlalu besar, takutnya malah menjadi rusak nantinya," tambah ayah dua anak ini.

Mengenai jarak antar lubang, doi hanya berpesan supaya tidak terlalu rapat. "Bisa diusahakan untuk jaraknya itu rata di dinding mangkuk tadi," tambahnya.

"Bisa menggunakan mangkuk aslinya atau beli lagi jika sayang dengan orisinalnya," ungkap Hernov lagi. Dia menambahkan bahwa harga mangkuknya saja sekitar Rp 80 ribuan. Artinya enggak terlalu mahal kan jika ingin punya stok.

Setelah melubangi ini ada juga keuntungan lanjutannya. Pertama suhu di kopling lebih adem. "Jadi, enggak ada lagi masalah kampas kopling terbakar atau kepanasan," ungkap warga Kebun Jeruk, Jakarta Barat ini. Memang menurutnya sebelum ini juga ada beberapa anggota klub yang mengeluhkan kampas koplingnya hangus.

Keuntungan lainnya adalah dari segi kebersihan bagian dalam mangkuk. "Lubang tadi bisa menjadi jalur keluar kotoran atau ampas dari pelat kopling, sehingga bagian dalam jadi lebih bersih," cuap pria yang berkantor di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan ini.

Jadi, dengan melakukan satu tips tapi bisa memberikan banyak manfaat. Skubek bebas getar dan pastinya kopling juga menjadi lebih awet karena sudah tidak kepanasan lagi.

Penulis/Foto : Nurfil/Yudi

sumber:www.motorplus-online.com

0 komentar:

Copyright © 2010 Nyonyor's Template by Kendhin